3 Hal yang Harus Dilakukan dan Dihindari dalam Optimasi SEO

SEO atau Search Engine Optimization sebagaimana namanya, ini merupakan teknik untuk membantu web Anda agar lebih dikenal oleh banyak orang. SEO adalah teknik untuk mengoptimalkan website agar mudah ditemukan oleh pencarian Google.Cara kerja SEO itu sendiri dapat dilakuka melalui on page dan Off page SEO. on page SEO berarti Anda mengoptimasi website Anda dengan teknik optimasi SEO yang Anda kuasai. Dalam on page SEO ini ada beberapa hal yang biasanya dilakukan antara lain adalah menambahkan tittle tag, penggunaan meta description, struktur dan tamplate yang baik, internal link, penempatan keyword, jumlah keyword, serta jenis keyword yang mudah dikenali oleh mesin pencari. Sementara Off page SEO adalah cara untuk mengoptimalisasi web Anda dengan menyebarkan backlink atau  mencantumkan tautan website Anda di website dan blog lain yang memiliki nilai otoritas atau reputasi yang baik, yang mana tautan ini merujuk ke link web Anda. Dalam optimalisasi melalui off page SEO ini, maka Anda harus membangun link yang rasional dan real dan tidak akan mengganggu bagian algoritma kualitatif. Selain itu, Anda juga harus memastikan bahwa konten pantas untuk dikaitkan.

Cara lain untuk optimasi web Anda juga dapat dilakukan melalui SEO teknik. SEO teknik berkaitan dengan seberapa baik konten Anda bisa dijelajahi di internet. Agar mesin pencari dapat membaca konten sekaligus menjelajahi we Anda. Maka Anda perlu memperhatikan crawl ( Dapatkan search engine menjelajahi situs Anda ), index ( Apakah sudah jelas halaman yang akan diindeks oleh alat pencarian), mobile ( Apakah we dapat diakses di telepon seluler ), tech ( Apakah mesin pencari Anda ramah teknologi tau CMS ), hierarcy ( Apakah konten Anda terstruktur di we Anda ) dan speed ( Apakah web terbuka dengan cepat ). Sejalan dengan melakukan optimasi SEO di atas, maka terdapat beberapa hal yang harus dihindari dalam optimasi SEO, berikut adalah penjelasannya:

  1. Menghindari posting ulang suatu artikel

posting ulang suatu artikel orang lain tentunya akan memperburuk citra dari situs Anda. Jika ketahuan oleh Google maka Anda akan dicap sebagai web spam dan tidak masuk peringkat pencarian pertama Google.

  1. Menghindari menulis untuk robot

Jika Anda menulis konten yan asal-asalan dan kurang menarik namun memiliki pengunjung yang sangat banyak karena penggunaan robot,maka segera hentikan mulai dari sekarang. Kerena kita tahu Google merupakan perusahaan yang canggihdan pastinya akan mengetahui mana web yang menggunakan robot dan mana web yang benar-benar memiliki konten yang menarik dan berkualitas.

  1. Menghindari penggunaan terlalu banyak konten besar

Penggunaan konten seperti foto dan video yang banyak dan berukuran besar pastinya akan menghambat pengunjung untuk menikmati web Anda. Hal ini dikarenakan karena lamanya proses buka halaman yang memiliki banyak konten berukuran besar tersebut. Oleh karena itu pastikan apapun konten yang dimuat pada web Anda dapat muncul dengan cepat, sehingga gunakan konten dengan ukuran yang tidak terlalu besar.

Demikian di atas adalah penjelasan tentang hal yang harus dilakukan dan dihindari dalam optimasi SEO untuk meningkatkan ranking web Anda di mesin pencarian Google. Selanjutnya, silahkan praktikkan beberapa hal yang sudah dibahas di atas terhadap web Anda. Penting untuk digarisbawahi disini adalah ingat bahwa optimasi SEO tidak dapat dilakukan dengan instan, bahkan membutuhkan waktu bertahun-tahun. Sehingga, disini sangat perlu proses belajar, usaha dan komitmen untuk mencapai semua itu. Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca.Selamat mencoba dan semoga Anda berhasil. ^^